About Me

My photo
Malang, East Java, Indonesia
love listening to music every morning, reading some books,articles (when having enough time) and watching movies.Enjoy writing short stories, novels, with a cup of cappucino and chocolate. Love the beach very much.

Monday, March 19, 2012


UNTITLED
Rasanya masih seperti kemaren, terbayang segera 2 tahun yang lalu, ketika datang tawaran itu, butuh 6 bulan untuk memikirkannya, can I....??, saat  itu aku hanya takut dengan ekspektasi mereka yang sangat tinggi padaku, padahal aku belum memiliki kompetensi untuk memenuhi ekspektasi mereka. Aku takut mengecewakan.
Hahhh toh akhirnya terdampar juga aku disini, di dunia pendidikan yang sama sekali baru untukku. Tapi akhirnya juga, aku sangat menikmatinya, sangat dan sangat.
Hari – hariku di dunia kampus yang sekarang aku pandang dengan sudut berbeda, sangat menyenangkan. Belajar  dan belajar, adalah  kegiatan yang setiap hari aku lakukan. Belajar menyiapkan  bahan mengajar, belajar bagaimana menjadi lecturer yang baik, menyenangkan sehingga materi kuliah dapat terserap.
Baru 3 bulan aku menikmati dunia baru pendidikan, (Sebelumnya aku di pelayanan, Puskesmas), tiba – tiba saja, duniaku seperti kembali, aku diterima sebagai  CPNSD Malang. Dengan kebimbangan luar biasa aku harus memutuskan memilih dunia yang mana, stay di kampus atau pergi ke pelayanan (lagi...??). Banyak konsultasi kesana – kemari yang aku lakukan. Termasuk konsultasi kepada orang tua, yang sangat penting.
Bangga....???? jadi CPNSD....?? menyingkirkan berapa ratus pesaing, mungkin iya, bangga, namun dengan segera rasa bangga itu tergeser dengan kebimbangannku yang teramat dalam.

Finally
Life is choice, and every choices have consequences.
Dengan segenap hati aku berangkat ke BKD, mengurus pemberkasan. Ya aku pilih pelayanan, meski aku masih sangat cinta dengan kampusku. Aku tahu kensekuensi dari keputusanku.
Mungkin aku akan segera tidak bertemu dengan teman – teman yang penuh idealisme semangat di kampus, tim kodok yang sok kuat, sok bisa survive, padahal semua cengeng, nangisan, nyak Ika Cahya, si bawel Aren, bumil Wyssie hmmmm....masa itu, mana bisa lupa..???. Rasanya aku belum bisa kehilangan mereka semua.
2 tahun yang indah, yang tidak mungkin aku lupakan, pengalaman yang sangat berharga. Aku ingat ketika aku berkata pada mahasiswa suatu hari di parkiran salah satu Rumah Sakit Di Jawa Timur “Tinggalkan track record yang bagus dimanapun kalian berada, even itu hanya praktek klinik. Karena kita tidak pernah tahu, suatu saat kita akan butuh dengan tempat yang kita tempati sekarang”.
Ya, Track Record, aku berusaha meninggalkan track record yang bagus, membangun citra image yang baik. Entah kegelisahan hati macam apa yang sedang aku alami. Karena ketika pada saatnya nanti aku resign dari kampus tercinta ini, orang – orang akan menerimaku kembali ketika aku mampir untuk sekedar melepas kangen dengan teman – teman seperjuangan.
Dan duniaku seolah kembali terbalik, aku datang kembali ke pelayanan. Dunia baru yang awalnya membuatku denial, namun pada akhirnya aku bisa beradaptasi segera. Tidak pernah aku sangka, aku menikmati bekerja di pelayanan, dunia yang memang berbeda dengan pendidikan. Aku belajar satu hal penting di pelayanan : Komunikasi Terapeutik. Lucunya “KomTer” adalah topik penelitianku ketika masih kuliah di Diploma 3. So everything seems easy to me now.

Akhirnya memang aku harus “Merelakan” sebagian waktuku di pelayanan yang sekarang seperti rumah buatku. Ya rumah, yang akan selamanya kuhuni, rumah yang harus diperindah, bukan oleh orang lain tapi olehku sendiri. Yah....meningkatkan kompetensi adalah harga mati, aku belajar dan belajar lagi, berusaha mengerti, memahami dengan hati dan menikmati. Pilihan ini adalah pilihan yang aku pilih sendiri dengan tingkat kesadaran compus mentis, dan aku harus bertanggung jawab atasnya. Tapi jika harus kehilangan ini semua .......................................??????????
I can’t imagine that.

No comments:

Post a Comment