About Me

My photo
Malang, East Java, Indonesia
love listening to music every morning, reading some books,articles (when having enough time) and watching movies.Enjoy writing short stories, novels, with a cup of cappucino and chocolate. Love the beach very much.

Wednesday, February 22, 2012


BLOOD TRANFUSSION

Blood Tranfussion adalah salah satu tindakan medis yang dikolaborasikan dengan tim keperawatan. Tindakan ini sebenarnya simple, sederhana. Saking sederhananya pemberian Blood Tranfussion di Rumah Sakit - Rumah Sakit di Indonesia cukup hanya di lakukan oleh 1 orang perawat. Parahnya lagi kadang tidak ada observasi yang jelas terhadap pasien - pasien yang menjalani terapi tranfusi darah tersebut. Sehingga yang harusnya tranfusi darah berakhir maksimal 4 jam, bisa berakhir 6 - 10 jam. Bahkan lebih parahnya lagi bisa sampai ganti shift transfusi darah tersebut belum selesai juga.
Inilah gambaran singkat riwayat Blood Transfussion di salah satu Rumas Sakit di Indonesia. Kenapa hal ini bisa terjadi....???. Untuk saat sekarang masalahnya mungkin hanya lama pemberian blood transfussion, tapi bagaimana jika suatu saat salah golongan darah..??? sudah itu tidak di observasi.....!!!
Can you imagine that ............?????
Sekali lagi Blood Transfussion adalah prosedur yang simple, namun sebenarnya membutuhkan ketelitian perawat dan semua tim medis yang terlibat. Mulai dari dokter, laboran dan  perawat itu sendiri...

2 comments: