About Me

My photo
Malang, East Java, Indonesia
love listening to music every morning, reading some books,articles (when having enough time) and watching movies.Enjoy writing short stories, novels, with a cup of cappucino and chocolate. Love the beach very much.

Wednesday, September 19, 2012


Non Goverment Organization
Work and plesure, 

Semua berawal ketika menonton Kick Andy di Metro Tv. Di tanyangan tersebut di perlihatkan seorang bule United States sedang di interview oleh Andy F. Noya karena kepeduliannya kepada salah seorang warga Negara Indonesia yang menyandang disable.


Saya jadi semangat menyimak, ternyata banyak ya orang bule yang berjiwa social seperti dia, menolong, berbagi kepada masyarakat Indonesia. Usut punya usut si bule ternyata bekerja di salah satu NGO asing di Indonesia.

Hmmmm….NGO, saya pertama kali mendengar istilah itu ketika duduk di bangku kuliah. Ingat sekali ketika itu ada salah satu materi di Mata Kuliah  Health Promotion Health Education membahas tentang NGO. Ok then let’s talk about NGO.

NGO is stand for Non Government Organization or in bahasa usually call LSM (Lembaga Swadaya Masyaarakat). The NGO is not to seek financial advantages and the member are voluntary.
NGO had basic focus on Humanatarian, Develompment, Disease Specific, Patient group, Health Relation, Public Interest, Scientific or Academic, Proffesional etc. The characteristic of  the NGO are they had ability to have quality relationship and ease for access with community. They also  responsive  to  new  development situation.
The funding of the NGO comes from donation of donor country, government, private funding, etc
Some example of NGO are : MSF, Oxfam, Care, Saving The Children, IMC, Mercy Corps, WVI, MDM, CWS, Count Me In and many more.
Sedikit mengenai NGO, actually saya berkenalan dengan NGO sudah lama, entah kenapa sebelum PNS saya tidak berfikir untuk join dengan NGO. Baru setelah  beberapa  hari terakhir  ini  saya  benar- benar kepikiran  tentang  NGO.

Yang bikin menarik dari NGO awalnya  bukan gaji-nya, atau travelling-nya. Jujur yang paling menarik buat saya adalah kata “Volunteer”-nya. Keren banget bisa gabung dengan NGO, yang notabene sifatnya adalah volunteer. Bisa berbagi dengan saudara sesama memang sangat menyenangkan. It will make your heart fly so high when you see their  smile. Sebenarnya sudah lama pengen gabung dengan salah satu NGO di kota Malang, tapi belum cukup punya waktu untuk mewujudkannya. Dan baru beberapa hari terakhir ini keinginan itu terusik kembali. Akhirnya googling sana – sini untuk mendapatkan informasi tentang NGO. Dan yang saya dapatkan adalah ternyata kerja di NGO itu KAYAKNYA nyaman, enak dan terjamin. Nyaman karena bisa travelling,  enak karena kerja team dan sering bertemu orang baru, terjamin karena gaji yang di tawarkan cukup besar.

Hmmmmmmmm…….tuing tuing tuing. Saya megangin ujung hidung saya, bayangin saya kerja di NGO dan bergaji lumayan besar serta travelling gratisssss, yang penting bisa share dengan orang2 yang membutuuhkan dan bisa bekerjasama dengan orang2 yang berpikiran kedepan. Hmmmmmmm….betapa indahnya.


                             


No comments:

Post a Comment